-->

Selasa, 07 Maret 2017

Cara membuat rangkaian kontaktor magnet dengan pengunci

1.     Cara membuat rangkaian kontaktor magnet dengan pengunci
Hai sahabat semua, Saya akan berbagi pengetahuan yang minim ini kepada sahabat semua. Saya akan menulis artikel dengan pembahasan tentang cara membuat rangkaian kontaktor magnet dengan pengunci. Sebenernya rangkaian ini sangatlah sederhana. karena merupakan dasar dari penggunaan kontaktor.
OK langsung saja ya.
Pertama sahabat siapkan dulu alat beserta komponennya, yaitu tang potong dan obeng saja saya rasa cukup. Kedua sahabat siapkan komponennya yaitu 1 buah pengaman atau bisa disebut dengan MCCB atau MCB, 1 buah kontaktor magnet, 2 buah push button dengan kontak NO dan NC, dan pastinya siapkan juga kabelnya.pakai yang ukuran 0.75 mm juga bisa sahabat.
Langkah selanjutnya kita masuk tahap merakitnya. sambungkan input dari pengaman atau MCCB atau MCB tersebut ke power utama atau tegangan utama, Output dari pengaman tersebut masuk ke push button dengan kontak NC sebagai tombol OFF , kemudian setelah itu masuk ke tombol push button dengan kontak NO sebagai tombol ON. Setelah masuk ketombol push button ON tersebut, baru kita sambungkan ke A1 dari Kontaktor magnetnya. Adapun cara membuat penguncinya adalah dengan cara kita pararel kan kontak NO dari Kontaktor tersebut dengan tombol ON. Dengan demikian jika kita tekan tombol ON tersebut maka kontaktor akan bekerja dan jika kita lepas tombol ON tersebut, Kontaktor akan tetap bekerja. Untuk mematikannya kita tekan tombol OFF nya..
Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar berikut ini:
Gambar rangkaian kontaktor dengan pengunci

Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar