-->

Jumat, 10 Maret 2017

Cara Mengukur Arus Listrik menggunakan Tang Amper

Cara Mengukur Arus Listrik menggunakan Tang Amper

Sebagai orang yang berkecimpung didunia teknik lstrik, bisa menggunakan alat-alat untuk mengukur komponen ataupun tegangan listrik adalah hukumnya wajib. Untuk mengukur sebuah komponen ataupun tegangan lstrik kita perlu menggunakan alat ukurnya. Adapun biasanya alat ukur yang sering digunakan oleh para pencinta dunia teknik kelistrikan adalah multitester
. Karena multitester sangat banyak beragam manfaatnya. Misalnya bisa digunakan untuk mengukur tahanan atau resistansi suatu komponen, bisa untuk mengukur tegangan listrik baik arus AC maupun arus DC,dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tentang bagaimana menggunakan alat ukur yang namanya tang ampere untuk mengukur suatu arus listrik. Langsung saja kita mulai.
Langkah pertama, kita putar selector swith pada tang ampere ke posisi A AC/ DC. dan perlu diingat. Pilihlah nilai yang terdapat di tang ampere jauh lebih tinggi dari arus listrik yang akan kita ukur. Dikarenakan jika kita pilih nilai yang lebih rendah dari arus listrik yang akan kita ukur, kemungkinan besar tang ampere kita bisa mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar dibawah ini.
Gambar Tang ampere menunjukan selector switch ke posisi A AC/DC
Gambar diatas menunjukkan selector switch yang terdapat pada tang ampere ke posisi A AC/DC. Karena disini kita akan mengukur arus listrik yang tidak begitu tinggi,maka cukup kita posisikan di nilai yang paling rendah.

Setelah selesai kita atur posisi selector switchnya, baru kemudian kita masukkan kabel yang akan kita lihat arus listriknya kedalam lingkaran tang ampere tersebut. Lihat gambar dibawah ini.
Gambar contoh pengukuran arus listrik
Setelah kita masukkan kabel yang kita ingin tahu arus listrik yang mengalir didalam, Kita akan mengetahui hasilnya di display alat ukur tersebut. seperti gambar diatas.
Mudahkan. semoga kalian bisa mencobanya ya.
Mungkin ini yang bisa saya paparkan dalam hal tentang pengukuran arus listrik menggunakan tang ampere dan mudah-mudahan bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar