-->

Rabu, 08 Maret 2017

Mengenal dan memahami kontaktor magnet ( Magnetic contactor)

Mengenal dan memahami kontaktor magnet ( Magnetic contactor)

Ada beberapa orang yang sudah mengerti atau mengetahui tentang peralatan listrik yang disebut kontaktor magnet ( magnetic contactor). Akan tetapi untuk para kaum awam ada yang belum paham tentang apa sih kontaktor magnet. Supaya semuanya paham dan mnegerti, saya akan menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana saja. Kontaktor magnet adalah peralatan listrik yang bekerja karena adanya induksi elektromagnetik.
hal itu terjadi karena didalam kontaktor magnet ini ada sebuah belitan, dan jika belitan tersebut di aliri dengan arus listrik akan menimbulkan medan magnet sehingga akan menarik sebuah inti besi didalamnya. Setelah inti besi tesebut ketarik, kontak yang terdapat di kontaktor magnet tersebut akan terhubung, dan jika tidak ada arus listrik yang mengaliri belitan tersebut, maka kontak yang pada kontaktor magnet tersebut akan terputus.
Disebuah kontaktor magnet ini, ada beberapa kontak, yaitu 1 kontak NC, 1 kontak NO, dan 3 untuk kontak bebannya.Untuk lebih jelas, lihatlah gambar dibawah ini.
Gambar Kontaktor Magnet
Dalam gambar diatas di terangkan bahwa kontak beban di beri angka 1 L1 dengan 2 T1, 3L2 dengan 4T2, dan 5L3 dengan 6T3. Untuk kontak NO nya di beri angka 13 dengan 14, dan kontak NC nya di beri angka 21 dengan 22. Sedangkan untuk A1 biasanya kita hubungkan dengan pasa nya dan A2 kita hubungkan dengan Netralnya.
Kontaktor magnet ini biasanya diaplikasikan untuk kontak atau kontrol dari beban yang berukuran tinggi. misalnya motor induksi 3 phasa. Karena memang sudah didesain dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk bisa melihat atau mengetahui spesifikasi dari sebuah kontaktor magnet, kita bisa melihat dibadan bagian samping dari kontaktor tersebut. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini.
Gambar nameplate dari kontaktor magnet
Demikian ulasan mengenai kontaktor magnet dari saya dan semoga berguna untuk kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar