-->

Selasa, 07 Maret 2017

Rangkaian motor 3 phasa putaran bolak balik

1.     Rangkaian motor 3 phasa putaran bolak balik

Baik sahabat semua. Kita kembali bertemu di artikel saya yang selanjutnya. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya mengenai cara membuat rangkaian motor 3 phasa putaran bolak-balik.Rangkaian ini sangat banyak digunakan terutama di indutri-industri. Untuk mempersingkat tulisan saya mari kita langsung aja ke TKP..hahahaha
Pertama-tama saya akan mengambil contoh membuat rangkaian motor 3 phasa putaran bolak-balik dengan menggunakan satu buah pengaman atau breaker
, dua buah kontaktor magnet dan dua buah tomboh push button. Kenapa saya menggunakan dua buah tombol push button?.Karena di rangkaian disini tidak menggunakan sistem pengunci alias jika tombol di tekan maka akan aktif, dan jika di lepaskan maka akan nonaktif atau mati.
Oke langsung saja, pertama Kita membuat terlebih dahulu untuk rangkaian kontol satu putaran. Sambungkan input dari breaker ke power utama 3 phasa yaitu 380 VAC. Setelah itu output dari breaker atau pengaman tersebut kita hubungkan ke tombol push button.dan keluaran dari push button kita lewatkan dahulu ke NC dari kontaktor magnet yang kedua (K2).Setelah itu baru masuk ke A1 dari Kontaktor magnet yang pertama (K1).
dan selanjutnya untuk membuat putaran yang berlawanan, kita menggunakan  K2 sebagai kontaknya karena putaran yang sebelumnya kita menggunakan K1. Untuk rangkaiannya adalah dari output breaker diatas tadi kita sambungkan lagi ke tombol push button yang kedua. keluaran dari tombol tersebut kita masukan atau kita lewatkan ke NC dari K1. dan setelah keluar dari NC K1 baru kita sambungkan ke A1 dari K2.
Langkah selanjutnya setelah kita menyelesaikan rangkain kontrolnya, maka kita buat rangkaian beban yang ke motor 3 phasanya. Adapun kuncinya adalah cukup kita membalikan 1 phasa saja. Misalnya di K1 terhubung dengan urutan phasa R,S,T atau L1, L2, L3, maka di K2 kita cukup menyambungkan dengan T, S, R atau L3,L2,L1.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini:
Rankaian kontrol motor 3 phasa dengan putaran bolak-balik



Rangakain beban motor 3 phasa dengan putaran bolak-balik
Saya rasa cukup sekian penjelasan dari saya. Apabila sahabat semua belum faham, bisa ditulis di kolom komentar..Oke??
Terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar