-->

Selasa, 07 Maret 2017

CARA MENGGUNAKAN ALAT MULTITESTER DIGITAL UNTUK MENGUKUR TEGANGAN AC

CARA MENGGUNAKAN ALAT MULTITESTER DIGITAL UNTUK MENGUKUR TEGANGAN AC
Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana caranya mengukur tegangan AC dengan multitester  digital. Perlu kita ingat, jenis multitester ini ada 2 macam, yaitu multitester analog dan multitester digital. Sedangkan untuk di zaman sekarang ini, banyak para pecandu listrik beralih menggunakan multitester digital untuk mengukur. Dikarenakan untuk pembacaan atau  penghitungan nilai yang kita ukur akan lebih jauh lebih mudah di bandingkan dengan menggunakan multitester analog.
Ok. Untuk mempersingkat waktu kita, mari kita langsung saja ketopik utama kita yaitu mengukur tegangan dengan multitester digital. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:



1.      Siapkan multitester digital dan aturlah posisi selector switch ke posisi V ~, karena yang kita akan ukur adalah tegangan AC. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Gambar multitester dengan Switch ke Vac

2.     Selanjutnya masukkan probe warna merah dan hitam ke stop kontak atau tempat dimana kita akan mengukurnya. Kita tidak perlu khawatir resiko jika kita terbalik dalam memasukkan probe nya. Karena jika terbalik, maka hanya akan terdapat tanda minus di display multitester tersebut. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar di bawah ini.
Gambar pengukuran tegagan dengan Multitester digital
3.      Mungkin cukup ulasan dari saya tentang bagaimana menggunakan multitester digital untuk mengukur tegangan AC.Semoga bermanfaat untuk sahabat sekalian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar